Banyak orang yang penasaran akan resep membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat. Seperti yang kita ketahui, bakso memang merupakan salah satu makanan favorit di Indonesia. Varian bakso cukup banyak, ada bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, dan masih banyak lagi. Namun, varian bakso yang paling umum di Indonesia tentu saja adalah bakso sapi.

Bakso sapi yang disajikan dengan kuah gurih serta bahan pelengkap seperti mi, tahu, sawi, dan bawang goreng ini memang kerap menemani jam makan orang Indonesia. Tak heran jika pedagang bakso keliling masih laris dagangannya hingga kini. Kalau kamu memiliki hobi makan bakso sapi dan sekali-sekali kepengen bikin bakso daging sapi sendiri di rumah, resepnya gak sesusah yang dibayangkan, kok.

Hal terpenting dari membuat bakso daging sapi sendiri di rumah adalah memperhatikan tingkat kekenyalannya. Bakso yang tingkat kekenyalannya pas akan terasa sangat nikmat ketika digigit. Untuk membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat, ada beberapa tips yang harus kamu perhatikan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Gunakan Daging Sapi Segar dan Berkualitas Tinggi

Bahan utama dari pembuatan bakso daging sapi adalah daging sapi. Daging sapi yang digunakan untuk membuat bakso akan sangat menentukan hasil akhir dari bakso yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang kenyal dan lezat, gunakan daging sapi yang segar dan berkualitas tinggi. Jangan gunakan daging sapi yang sudah dibekukan dalam freezer sebelumnya. Daging beku seperti ini teksturnya tidak sama dengan daging segar dan akan mempengaruhi cita rasa dan tekstur bakso sapi yang dibuat nanti. Pilih daging segar dengan warna yang masih merah gelap dan bukan berwarna pucat seperti daging sapi beku.

  • Perhatikan Proses Penggilingan Daging

Daging sapi yang akan digunakan untuk membuat bakso daging sapi haruslah digiling terlebih dahulu. Ada baiknya, kamu perhatikan proses penggilingan daging. Pastikan daging sapi digiling dengan sangat halus, bahkan hingga serat daging terlihat terpisah. Daging sapi yang digiling dengan halus akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih lembut dan kenyal. Jangan sampai masih ada daging yang terlihat seperti bongkahan kerikil karena hal itu akan membuat tesktur bakso tidak sehalus yang diharapkan. Kecuali memang kalau kamu pengennya bikin bakso urat, tekstur baksonya justru harus sedikit kasar.

  • Campurkan Es Batu Saat Proses Penggilingan

Untuk mendapatkan hasil terbaik, jangan lupa campurkan sedikit es batu pada saat proses penggilingan daging. Apa fungsi es batu di sini? Es batu akan membantu menghambat naiknya suhu pada daging ketika daging digiling. Jika suhu dalam daging naik, gel alami akan terbentuk pada daging, padahal daging belum masuk ke tahap rebusan. Alhasil, tekstur bakso nantinya malah akan terlalu alot dan tidak kenyal.

  • Perhatikan Kualitas dan Perbandingan Tepung Tapioka

Kualitas dan banyak sedikitnya tepung tapioka yang dicampur dengan daging giling akan sangat mempengaruhi kualitas bakso daging sapi yang dibuat. Untuk menghasilkan bakso sapi yang enak dan kenyal, tambahkan tepung tapioka berkualitas tinggi dengan jumlah 20% dari jumlah daging. Misalkan kamu bikin bakso dengan 200 gram daging sapi. Maka, jumlah tepung tapioka yang harus kamu masukkan ke dalam adonan adalah 40 gram saja. Jangan lupa juga tambahkan bahan-bahan lainnya seperti garam, gula, merica, bawang putih, dan lain sebagainya sesaat sebelum adonan digiling.

  • Gunakan Bahan Pengenyal Alami

Jika tak diberi bahan pengenyal, memang agak susah untuk mendapatkan tekstur bakso yang kenyal dan lezat. Karenanya, di banyak resep membuat bakso sapi, terdapat tambahan bahan pengenyal. Ada banyak bahan pengenyal yang tersedia di pasaran. Untuk hasil bakso yang tak hanya kenyal tapi juga nikmat, gunakan bahan pengenyal yang alami seperti karagenan (ekstrak rumput laut) atau bubuk agar-agar tanpa rasa (plain).

 

Mesin Cetak Bakso

 

Nah, kamu kan sudah menyimak semua tips resep membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat di atas, sekarang saatnya kamu simak resep membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat selengkapnya:

Bahan-Bahan untuk Membuat Bakso Daging Sapi

  • ½ kg daging sapi segar
  • 100 gr tepung tapioka (bisa diganti tepung kanji)
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt lada putih bubuk
  • 1 sdm bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 2 sdm bawang merah yang sudah dihaluskan
  • 40 gr es batu
  • ½ bks agar-agar tanpa rasa
  • 2000 ml air

Cara Membuat Bakso Daging Sapi

  1. Masukkan tepung tapioka, daging sapi, es batu, bawang merah, bawang putih, lada, dan garam ke dalam food processor. Jika tidak ada food processor, gunakan blender. Giling semua bahan tersebut sampai menjadi adonan yang halus dan tercampur rata.
  2. Rebus 200o ml air dalam panci besar. Tunggu sampai air panas dan mendidih.
  3. Ambil sedikit adonan, letakkan di telapak tangan dan genggam adonan hingga adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. Gunakan sendok untuk mengambil adonan yang sudah muncul dan masukan kedalam air panas. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Tunggu hingga bakso mengapung. Tiriskan.

Bahan-Bahan untuk Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

  • 3000 ml air
  • 200 gr tulang daging sapi
  • 7 siung bawang putih & 5 buah bawang merah, iris, goreng, dan haluskan
  • 2 sdt bubuk kaldu sapi
  • ½ sdt merica
  • 1 sdt garam
  • 4 batang daun bawang

Cara Membuat Kuah Bakso Daging Sapi

Untuk membuat kuah bakso daging sapi, didihkan air, masukkan seluruh bahan untuk kuah. Masak hingga air mendidih. Kuah siap digunakan untuk menyajikan bakso sapi berserta pelengkap lainnya. Agar kuah bakso tetap hangat, kamu bisa merebusnya terus menerus dengan api paling kecil sehingga kuah tetap panas dan rasa kuah bakso akan semakin nikmat.

Mudah bukan membuat bakso daging sapi? Bahan pelengkapnya bisa kamu variasikan sendiri. Selain menambahkan sawi, tahu, dan mie, kamu juga bisa menambahkan bahan pelengkap lain seperti tetelan daging, bakso goreng, pangsit, dan masih banyak lagi. Selain bahan pelengkapnya, kamu juga bisa bikin varian bakso yang unik dengan satu adonan dasar. Kamu bisa bikin bakso dengan berbagai ukuran atau dengan berbagai isian. Bulatan bakso bisa kamu isi dengan keju, telur puyuh, telur ayam, sosis, dan masih banyak lagi. Pokoknya, gak bakal kalah enak deh dengan buatan resto bakso yang ada di kotamu. Resep membuat bakso sapi yang kenyal dan lezat ini bakal bikin kamu sering menikmati bakso lezat tanpa harus keseringan jajan. Happy cooking!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here