selamat datang di bengkelmesinusaha.com pengunjug sekalian, pada kesempatan kali ini berwirausaha ingin mengajak anda menguluas lebih dalam mengenai peluang usaha pembuatan kopi bubuk di daerah, bagaimana analisa usaha nya, apakah bisnis ini menghasilkan, dan bagaimana cara mengolah biji kopi menjadi  kopi bubuk yang baik, serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi.
Selamat membaca.

Saya yakin anda semua sudah tidak asing lagi dengan minuman yang namanya kopi. Ya kopi merupakan minuman yang paling di gemari hampir oleh semua kalangan remaja dan dewasa, baik itu laki laki ataupun juga perempuan.

Kopi atau coffee sendiri merupakan sebuah minuman legendaris yang terbuat dari seduhan bubuk kopi di campur gula.Kandungan cafein didalamnya dapat memicu konsentrasi dan juga menghilangkan kantuk, sehingga jangan heran jika kopi sering di konsumsi oleh para pekerja ataupun pegawai.


Kenapa Memilih Usaha Kopi Bubuk?

Kita tau bahwa indonesia adalah salah satu tempat penghasil kopi dengan kwalitas yang sudah mendunia, dan terkenal sampai ke manca negara, sebut saja kopi luak, kopi luak adalah kopi asli produksi indonesia yang memiliki harga super fantastis di luar negeri sana.
Sementara itu didaerah daerah sendiri tanaman kopi masih menjadi salah satu tanaman yang sering di budidaya, hal ini karena kopi memiliki nilai ekonomis yang tinggi, selain itu kopi bisa di panen berkali kali sehingga cocok untuk jangka panjang. Poin lebihnya peluang usaha pembuatan kpi bubuk ini terletak pada semakin banyaknya pencinta kopi yang menginginkan kopi asli yang di proses secara tradisional karena memiliki rasa dan aroma lebih khas dan juga memiliki harga lebih mahal tentunya.



Apakah bisnis Kopi Bubuk ini menghasilkan?
Jika anda bertanya tanya apakah bisnis produksi kopi bubuk ini menghasilkan silahkan anda perhatikan koran koran berapa banyak pengusaha asal daerah yang sukses mengekspor kopi bubuk keluar negeri dengan omset mencapai puluhan atau ratusan juta.
Oke tidak usaha terlalu besar dulu lihat saja kopi lampung, dulunya kopi ini adalah kopi yang hanya berasal dari produksi rumahan di lampung tapi seiring dengan menyebarnya kwalitas dan nama besar kopi bubuk lampung sekarang kopi ini menjadi andalan khususnya dari daerah lampung, dan telah di jual ke berbagai daerah di indonesia.

cara mengolah biji kopi menjadi  kopi bubuk yang nikmat?

Untuk proses produksi kopi dalam skala besar tentu sudah menggunakan mesih dan tidak menggunakan cara manual lagi, jadi tidak perlu saya jelaskan.
Yang akan saya jelaskan disni adalah proses pembuatn kopi bubuk secara tradisional, dan manual. Berikut langkah langkah produksinya dan proses pengolahan kopi bubuk :

Baca Juga :  Mesin Oven Pengering Biji Kopi | Oven Pengering Kopi 2018

1. Memilih Biji Kopi Berkwalitas
Biji kopi dipilih dan di petik langsung dari pohn, hanya biji kopi pilihan dan dengan kwalitas terbaik yang akan di gunakan.
Ciri ciri kopi dengan kwalitas terbaik adalah :

  1. Berwarna merah matang ranum, tidak terdapat burik/ kusam/ luka/bekas kotoran hama yang menempel.
  2. Berkuran standar dan rata, tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar.
  3. Kopi yang sudah mtang cenderung memiliki kulit yang lunak.
  4. Memiliki rasa yang manis (bisa di coba dengan cara di makan seperti permen, tapi jangan ditelan bijinya).

2. Kopi Di Sortir
Pensortiran ini dilakukan untuk memisahkan biji kopi yang masih mentah/hijau, memiliki kwalitas yang kurang bagus sekaligus membersihkan kotoran yang menempel pada kopi.

 

Mesin Sortasi Biji Kopi

 

3. Penjemuran dan Pengupasan
Penjemuran biasanya dilakukan hanya dalam waktu singkat, yakni antara 3 sampoai 5 hari, tujuannya hanya agar proses pengupasan lebih mudah dilakukan. Sekarang ini Pengupasan biasanya sudah dilakukan dengan menggunakan alat pengupas kopi.

 

Peluang Usaha Kopi Bubuk
Mesin Pengupas Biji Kopi

 

5. Pengeringan
Pengeringan dilakukan untuk menhilangkan kandungan air yang terdapa dalam biji kopi, penjemuran dilakukan sesuai dengan kebijakan atau permintaan konsumen (jika dijual ke pengepul dalam bentuk biji kopi).
Jika tidak makan proses pengolahan kopi akan berlanjut, sekedar catatan, setelah melalui proses pengeringan biasanya bobot kopi akan merosot tajam, sehingga memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi.

 

Mesin Oven Pengering Biji Kopi

 

6. Pemanggangan atau Penyangraian
Pemanggangan atau istilah desangnya Sangrai yaitu merupakan sebuah proses dimana kopi di panggan/digoreng tanpa minyak, biasanya menggunakan bahan tambahan seperti beras atau ketan.
Jika ingin menghasilkan rasa yang lebih khas biasanya wajan yang digunakan dalam penyangraian menggunakan wajan dari tanah liat, dan di panggan jalam waktu yang lama menggunakan nyala api kecil.

 

Mesin Sangrai Biji Kopi

 

7. Penggilingan.
Proses ini bisa dilakukan dengan bantuan alat penggiling kopi yang sudah banyak di temui. Biasanya pada proses ini juga dilakukan proses pembungkusan, penimbangan dan juga pengepakan.

 

Mesin Penepung Biji Kopi

 

Setelah melewati semua proses tersebut kopi siap di kirimkan ke konsumen dan menghasilkan keuntungan untuk anda, atau juga diseduh sendiri, apalagi cuaca hujan, ditemani sepiring gorengan dan sebatang rokok akan menjadikan santai anda semakin istimewa.  Hehe
Mungkin Cuma itu dulu yang bisa berwirausaha.net bagikan kali ini tentang peluang bisnis pembuatan kopi bubuk yang menjanjikan, maaf jika ada salah kata,semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk usaha anda. Sampai jumpa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here