Anda ingin membuka usaha ayam goreng alias Fried Chiken Ala KFC ?
Dan tertarik dengan usaha ini, Simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Usaha Ayam goreng disekeliling kita kebanyakan berupa gerobak kecil dengan ukuran 1×1 meter. yah seperti yang sering kita jumpai di pinggir jalan.

Perlu diketahui bahwa sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken) merupakan salah satu restoran rantai terbesar di dunia. yang berkantor pusat di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, dengan lebih 17.000 outlet di 105 negara.

Di Indonesia pasti sudah tahu KFC berati menu makanan yang berupa Ayam goreng dengan rasa yang khas di campur dengan balutan Tepung Crispy.

Usaha Ayam goreng ini biasa disebut Ayam Goreng Tepung alias ayam goreng kriuk. Walaupun bukan tergolong kuliner asli Indonesia, tetapi hidangan makanan ini sudah sangat populer di tanah air. Tak hanya anak-anak, mereka yang sudah dewasa banyak yang menggemari.

Saat ini memang banyak yang menjalankan usaha fried chicken karena cukup menguntungkan dengan modal yang dikeluarkan relative kecil. Peluang mengeruk keuntungan dari usaha fried chicken masih terbuka lebar. bisnis makanan ini tetap memiliki prospek cerah karena hampir semua orang sangat suka dengan ayam goreng.

Bagaimana Perhitungan Bisnis Usaha Fried Chicken ?

Harga jual ayam goreng tepung dihitung berdasarkan modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan dan keuntungan yang ingin diambil.

Biasanya tiap potong ayam dijual dengan harga Rp.3500-Rp.5000 targantung ukuran dan tempat berjualan.Jika anda berjualan dengan daya beli yang tinggi anda dapat menaikkan harganya.

 

Peluang Usaha Ayam Goreng Crispy

Potensi Keuntungan Ayam Goreng Tepung Ala Kentucky KFC

Kelezatan ayam goreng tepung ditentukan oleh penggunaan bahan utama. Seperti racikan bumbu dan daging ayam yang masih bagus. Anda bisa mendapatkan daging ayam yang bagus di peternakan ayam atau tempat potong ayam segar. Di kedua tempat tersebutlah anda bisa memperoleh daging ayam dengan kualitas baik.

Sedangkan untuk tepung bumbu yang digunakan,anda dapat membuat racikan bumbu dan tepungnya sendiri, tapi anda juga dapat membeli tepung bumbu siap pakai untuk mempersingkat waktu.

Keuntungannya membuat racikan sendiri yaitu biaya yang lebih murah dan juga rasa dapat di sesuaikan dengan selera konsumen.Untuk packaging nya dapat menggunakan kantong kertas karena ayam dijual dengan potongan atau per bagian.Sebagai pelengkap dapat ditambahkan saus sachet.

Baca Juga :  Resep & Cara Membuat Ayam Geprek Super Pedas

Cara Memulai Usaha Ayam Goreng Tepung Ala KFC

Langkah Pertama Lokasi: yang harus dilakukan ketika akan membuka usaha Ayam Goreng Tepung adalah dengan menentukan lokasi berjualan terlebih dulu.

Lokasi yang dapat dipilih untuk membuka usaha ini adalah di pinggir jalan raya yang ramai. Selain di pinggir jalan,masih ada alternatif lain yang berpeluang untuk dijadikan lahan usaha seperti dekat dengan penjual makanan,nasi goreng,sate,martabak dll.

Lokasi-lokasi tersebut sudah pasti ramai konsumen.dan tentunya produk anda pun berpeluang untuk di beli.Harga sewa untuk lokasi berjualan ayam goreng tepung cukup bervariasi mulai dari Rp.100.000-Rp.300.000/bulan

Langkah Kedua Peralatan: Peralatan yang biasa dilakukan untuk berjualan ayam goreng tepung antara lain gerobak, etalase sederhana, kompor gas, wajan, tabung gas, soled, saringan minyak, baskom plastik, penjepit makanan, dan kantong kertas untuk membungkus.

Peralatan yang lain seperti terpal untuk membuat tenda sederhana jika berjualan dipinggir jalan dan sediakan juga beberapa kursi untuk kenyamanan konsumen ketika menunggu.

 

Penggorengan Serbaguna
Penggorengan Serbaguna

 

Strategi
Untuk memperlancar usaha, cukup pekerjakan satu orang saja di setiap gerobak/ etalase mengingat pekerjaannya tidak begitu berat dan mudah untuk dilaksanakan.

Tugas para pekerja hanya melumuri potongan ayam dengan tepung kemudian digoreng. Ayam di potong dari rumah saja, jadi tinggal bawa potongan ayam, tepung berbumbu saja. Hal itu lebih memudahkan bagi semua pihak.

Promosi
Untuk mempromosikan produk yang pertama dengan memberikan diskon pada har-hari mulai buka. Kemudian dilanjutkan promosinya dengan menempelkan brosur di wilayah dekat lokasi berjualan.

Selain ditempelkan, brosur juga dapat dibagikan orang-orang disekitar lokasi berjualan.

Langkah kedua untuk mempromosikan produk adalah dengan cara promosi dari mulut ke mulut para konsumen. Promosi dengan cara seperti ini sangatlah efektif untuk menarik konsumen jika produk anda memang unggul dalam hal rasa,kualitas,dan harga.

Demikianlah tips dari saya mengenai usaha Ayam Goreng / Fried Chicken, semoga bermanfaat dan bagi anda yang akan mencobanya semoga anda sukses. Amin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here