Sebelum kita membahas cara memulai berbisnis rongsokan untuk pemula ini kita harus mengetahui secara detail barang rongsokan itu sendiri.

Harus mengerti apa saja sih barang barang bekas yang harga nya mahal dan apa saja barang bekas yang harga nya murah ini wajib kita fahami jika mau terjun di usaha ini.

Semua orang tahu bahwa yang nama nya rongsokan sudah pasti itu sampah alias barang yang tidak digunakan lagi didalam rumah tangga maupun kantor.

Barang rongsokan atau barang bekas biasanya dibuang di tempat sampah. Barang bekas yang identik dengan kotor ini bisa dijadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan serta menguntungkan. Bisnis ini bagi kebanyakan orang dikatakan bisnis pemulung, Tapi kan tujuan kita bisnis bukan buat jadi pemulung.

 

Memulai Bisnis Rongsokan

 

Apa Yang Harus Dipersiapkan Ketika Mau Berbisnis Rongsokan ?

Untuk Pemula yang ingin memulai bisnis rongsokan harus mengetahui bahwa Kita kan mau bisnis jadi bagaimana cara nya kita jadi agen kemudian kita sortir barang bekas itu baru dijual.

Barang dari para pemulung itu dibeli dengan harga yang murah dan jika sudah banyak akan dijual kembali dengan harga yang lebih mahal, memang keuntungannnya jika dihitung kecil tetapi jika dilakukan dalam skala yang besar hasilnya pun spektakuler.

Yah ,, walaupun bisnis rongsokan tetap pake ilmu ekonomi juga lah, ibarat industri kan ada daftar barang unggulan, ada daftar harga produk begitu juga bisnis barang rongsokan ini.

Nah untuk anda pemula yang mau memulai bisnis rongsokan ini ,Ada beberapa hal yang harus di persiapkan demi kelancaran usaha rongsokan anda yaitu :

1. Pembagian Jenis Barang Bekas
Contoh barang rongsokan seperti alumunium,plastik, kertas, tembaga, dan sebagainya. Nah kita harus tahu system pengelompokan karena dari satu barang itu bisa disortir menjadi beberapa bagian lagi jadi tidak langsung dijual.

Sangat disarankan untuk anda pemula ada baik nya anda training dulu ke juragan – juragan rongsokan. Waktu nya enggak lama kok paling satu atau dua minggu anda sudah faham dan tahu ilmu nya.

2. Lokasi Penampungan
Ini sangat penting sekali untuk menunjang perkembangan bisnis rongsokan anda. Dan yang paling penting adalah akses strategis misal dekat jalan raya, hal ini penting untuk memudahklan karyawan anda. Sangat dianjurkan sewa tanah kosong dan lebih baik jika anda punya lahan sendiri jadi tidak perlu nyewa.

Baca Juga :  Cara Pengolahan Limbah Plastik Yang Menguntungkan

3. Cari Karyawan
Setelah anda mempunyai tempat penampungan sekarang mulai lah mencari karyawan seperti pemulung langsung.Lihat kan sering kita temui pemulung di jalan yang bawa gerobak itu bisa kita tawari agar mereka mau menjual barang rongsokan nya kepada kita.

Ketika anda mendapatkan karyawan anda harus tahu harga pasaran yang mereka dapatkan ketika mereka menjual ke agen lain , Nah untuk anda kasih harga sedikit lebih tinggi agar mereka betah dengan anda .

4. Promosi
Setelah beberapa poin diatas sudah terlaksana maka sekarang anda perlu promosi usaha anda, dengan memberitahu ke orang-orang terdekat. promosi dari mulut ke mulut akan lebih efektif, namun jika masih punya dana buatlah selebaran pemberitahuan dan jangan lupa cantumkan no hp dan alamat anda.

5. Sabar
Ketika sudah berjalan menggeluti hari hari anda mungkin semua usaha yang nama nya faktor ambisi dan ketidak yakinana ketika memulai usaha sering terbenak difikaran kita.

 

Mesin Pencacah Plastik

 

Tak terkecuali ketika bisnis rongsokan ini pun sama ada aja ujian Mulai dari tidak dapat barang , tidak dapat karyawan dan lain sebagai nya.

Ketika anda sudah memulai usaha maka hanya kesabaran lah yang merupakan kunci dari segala usaha. Jika diawal bulan mungkin anda tidak dapat barang tapi jangan khawatir yang nama nya bisnis rongsokan sudah pasti tiap hari ada aja barang yang masuk.

Untuk itu Sabar dan trus berusaha dan pantaskan diri bahwa usaha rongsokan bisa menghantarkan anda ke dalam kehidupan yang lebih baik dan mempunyai penghasilan spektakuler.

Tidak sedikit orang yang sukses dari usaha rongsokan ini anda bisa melihat di Televisi atau buku maupun artikel lain di internet tentang perjalanan karir seorang Tukang rongsokan hingga menghantarkan mereka menjadi pengusaha sukses yang memiliki penghasilan puluhan juta setiap bulan nya. Tentu hal itu mereka lakukan dengan sabar ketika memulai usaha nya..

Demikian semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here