Cara Membuat Pelet Ikan Sendiri Dengan Mudah  —  Peluang usaha yang banyak digeluti saat ini, salah satunya adalah budidaya ikan. Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, memang membutuhkan usaha yang lebih keras lagi, salah satunya adalah dengan membuat pelet ikan sendiri.

Pelet ikan adalah sebutan untuk pakan ikan. Semakin bagus pelet ikan yang diberikan, semakin cepat juga pertumbuhan ikan budidaya nya. Tetapi karena harga dari pelet ikan saat ini juga termasuk mahal, banyak pengusaha yang membuat nya sendiri karena cara membuat pelet ikan tidaklah sulit.

Baca Juga :  Peluang Usaha Pelet Pakan Ikan Dan Analisis Usahanya

Pelet ikan memiliki kandungan nutrisi untuk ikan yang bisa membantu nya berkembang maksimal, dalam pembuatan nya pelet ikan harus mengandung protein, lemak, hingga serat yang seimbang.

Setiap ikan yang memiliki umur berbeda, pelet ikan yang digunakan juga berbeda kadar protein nya. Ikan yang berusia 1–3 bulan membutuhkan pakan yang mengandung 35–50% protein, sedangkan ikan yang berusia 4 bulan ke atas membutuhkan protein sekitar 25–30%.

Lalu bagaimana cara membuat pelet ikan sendiri? Simak ulasan nya berikut ini:

1. Siapkan Bahan

Siapkan dedak, keong sawah, konsentrat dan vitamin, lalu campurkan semua nya menjadi satu dan aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan ragi tempe sebanyak 125 gram atau 3 sdm ke dalam nya dan aduk hingga merata.

2. Tutup Adonan

Tutup adonan tersebut dan diamkan selama 1 malam agar proses fermentasi nya bisa berjalan dengan baik.

3. Tambahkan Bahan Lain

Setelah itu di pagi harinya tambahkan adonan fermentasi tersebut pada ikan asin dan daun pepaya yang sudah di giling sebelum nya. Aduk adonan tersebut hingga merata.

4. Cetak Adonan

Setelah itu anda bisa mencetak adonan pelet ikan tersebut menggunakan mesin pelet ikan agar bentuk nya sama dan rapih.

 

Peluang Usaha Pelet Pakan Ikan Dan Analisis Usahanya
Mesin Cetak Pelet Ikan

 

5. Jemur Pelet

Jika pelet ikan sudah di cetak, anda bisa mengeringkan nya menggunakan wadah yang lebar di bawah sinar matahari. Jika anda memiliki mesin oven, anda bisa menggunakan mesin pengering pelet ikan.

6. Simpan Pelet Ikan

Jika pelet ikan yang tadi di jemur sudah kering, anda bisa menempatkan nya dalam kantong plastik kedap air dan simpan lah dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang baik.

Itu adalah pelet ikan yang bisa anda buat dari beberapa bahan yang disebutkan di atas, tetapi ada juga pelet ikan yang terbuat dari cacing tanah.

Pelet ikan yang terbuat dari cacing tanah lebih banyak mengandung protein sehingga membuat ikan tumbuh lebih maksimal lagi.

Cara membuat pelet ikan sendiri

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pelet ikan cacing tanah adalah tepung cacing 41%, telur ayam 20%, dedak 18%, kanji 1%, dan terigu 14%.

Cara membuat nya adalah dengan mengeringkan cacing tersebut, jemur selama 24 jam dengan suhu 32–35 derajat celcius. Kemudian giling cacing tersebut hingga menjadi tepung.

Semua adonan tadi harus anda campurkan, lalu tambahkan air hangat secukup nya hingga adonan menjadi kenyal. Adonan lalu dicetak dengan penggiling daging hingga menjadi pelet basah.

Bentuk nya akan seperti mie, lalu potong dengan ukuran 0,5 cm, lalu jemur kembali hingga kering dan pelet ikan cacing tanah bisa langsung digunakan.

Itulah cara membuat pelet ikan sendiri dengan mudah, apakah anda ingin membuat nya sekarang juga? Jangan lupa persiapkan semua bahan nya dan mesin yang memudahkan anda dalam proses pembuatan nya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here